Total Tayangan Halaman

Sabtu, 21 Januari 2017

"MENDADAK" CURUG JENGGALA

Awalnya ngga ada niatan mau kemana, bareng sahabat tercetus pengin pergi yang deket dari rumah. Tujuan utamanya Curung Carang Kemutug hanya 10 menit dari rumah. Setelah kita sampai di Desa Kemutug saya menanyakan lokasinya, tetapi oleh warga disarankan jangan, karena sedang musim hujan saat terjadi banjir kiriman lokasinya susah untuk menyelamatkan diri. Terlanjur sudah OTW akhirnya diputuskan pergi ke Curug Jenggala. Curug Jenggala terletak di dusun Kalipagu, desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Ketenger merupakan salah satu desa wisata karena banyaknya destinasi wisata di wilayah ini. Berada di kaki gunung Slamet dengan dominasi perbukitan, sungai dengan bebatuan besar dan air terjun membuatnya banyak tujuan wisata alam di desa ini. Curug Jenggala ini semula bernama Curug Tempuhan. Menurut pengelola, pada hari minggu pertama pembukaan Curug Jenggala ini, tiket sebanyak 3000 ludes dan masih kurang. Sangat ramai memang, bahkan saat pada hari kerja pun masih tetap ramai. Mungkin karena baru dan masih banyak yang penasaran. 

Curug Jenggala bisa di tempuh dari Kota Purwokerto sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung cuaca. Kalau cuaca cerah dan jalan tidak licin bisa menggunakan motor sampai parkir terdekat yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Curug Jenggala. Pengendara mobil hanya bisa di parkir bawah setelah loket Kalipagu dan berjalan sekitar 1km. Jika ingin lebih cepat bisa naik ojek penduduk setempat Rp. 10.000,-. Perjalanan dari pintu loket menuju curug, kalian akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah, jadi mending jalan kaki sambil sesekali foto di tempat-tempat yang fotogenik. Tiket masuk untuk akses semua tujuan wisata di wilayah Kalipagu Rp. 5.000. Jika ingin sensasi lain dengan akses yang lebih menantang bisa sekalian menuju Curug Penganten yang masih berjarak sekitar 1km, atau tempat wisata lain disekitar kalipagu yang bisa ditanyakan ke pengelola.
Yang sedang populer adalah Selfie Deck berbentuk love yang terbuat dari papan kayu, letaknya diatas Curug Jenggala. Tetapi akan lebih  indah kalian turun , melihat ketinggian dan indahnya curug dari bawah, dan merasakan sejuk dan jernihnya air curug. Take nothing, except picture!, leave nothing, except footprint!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar